Selasa, 22 April 2008

DISIPLIN NYOK...!

DISIPLIN


Arti DISIPLIN lebih dari sekedar mentaati peraturan, datang tepat waktu dan hidup sederhana dalam kemakmuran. Arti disiplin dalam makna yang luas adalah membudayakan perilaku hidup yang positif, yang dimulai dari diri sendiri dan kemudian ditularkan kepada orang lain di sekitarnya. Tanpa adanya disiplin hanya akan membuat diri Anda hidup dalam ketidakteraturan, jika Anda hidup tidak teratur maka akan membuat masyarakat menjadi tidak teratur (hal ini karena Anda bagian dari masyarakat).
Tidak ada istilah terlambat, untuk memulai hidup disiplin. Jika anda terbiasa buang sampah sembarangan maka dapat dirubah dengan membuang sampah pada tempatnya dan mengurangi penggunaan barang yang mengandung plastik (hal ini agar tidak terjadi kerusakan lingkungan, mengingat sampah plastik sulit untuk didaur ulang oleh tanah). Jika terbiasa naik motor tanpa helm, maka gunakanlah helm yang aman dan berhenti di belakang garis putih jika lampu merah dll.
Tengoklah negara-negara maju di dunia ini ( seperti Jepang, Jerman, Amerika Serikat dll), rata-rata warganegaranya memiliki budaya disiplin yang tinggi. Bahkan jika anda pergi ke Singapura, warganya tidak berani buang sampah dan permen karet sembarangan. Warga Jepang terkenal sebagai workhaholic (gila kerja) dan pejalan cepat, karena mereka sangat disiplin dan menghargai waktu. Warga Jerman sejak dulu terkenal cerdas, ulet dan jago membuat barang-barang kualitas nomor satu. Warga Amerika terkenal pekerja keras dan berani ambil resiko, karena mereka percaya dan yakin, kehidupan tidak mudah berubah jika hanya berdoa, tapi juga harus bekerja keras dalam setiap waktu …. sampai-sampai orang Amerika berani mengatakan “Time is money - Waktu adalah uang “. Apakah anda orang yang menghargai waktu ?
Bagaimana dengan bangsa kita sendiri….. Bangsa Indonesia yang kita cintai ini. Sejatinya bangsa Indonesia adalah bangsa yang kaya akan sumberdaya alam dan manusia. Sudah banyak negara yang menjajah kita…. mulai dari Belanda, Jepang dan Portugis. Kenapa mereka datang dan menjajah negara kita, padahal jarak Indonesia ribuan mil jauhnya ? Hal ini karena mereka tahu Indonesia kaya akan minyak, wilayahnya luas dan kaya rempah-rempah dunia.
Asal anda tahu saja, panjang negara kita sama jika anda berjalan kaki dari kota London Inggris ke kota Moscow Rusia atau sama jika anda berjalan kaki dari kota Los Angeles ke kota New York di Amerika Serikat.
Lalu mengapa bangsa kita pada saat ini terpuruk ? Mungkin salah satunya karena bangsa kita kehilangan semangat disiplin dalam kehidupan sehari-hari, padahal salah satu modal untuk mencapai kesuksesan dan kemakmuran adalah disiplin (memiliki budaya hidup yang positif). Di halaman berikutnya, anda akan membaca beberapa artikel…… yang mungkin akan menyinggung atau “menyentil” nurani anda, tapi percayalah semua itu bertujuan baik, yaitu agar generasi anda lebih baik daripada generasi sebelum anda. Tentunya untuk memulai langkah baru, maka yang terbaik adalah dengan mengetahui kelemahan-kelemahan diri kita sendiri, dan bangkit untuk memperbaikinya. Menyalahkan orang lain atau menyalahkan orang tua atau menyalahkan bangsa lain, bukanlah sikap yang baik. Setiap generasi memiliki tantangan sendiri. Anda bisa jika anda yakin dan percaya. Anda mampu jika anda mau.
Lalu bagaimana menumbuhkan disiplin dalam diri anda sendiri, berikut ini adalah langkah-langkahnya (anda bisa menambahkan lagi jika mau) :
1. Memiliki keyakinan yang kuat, bahwasanya anda bisa hidup disiplin.
2. Tidak mudah terpengaruh teman atau orang lain untuk melakukan hal-hal yang buruk.
3. Yakin bahwasanya hidup disiplin akan memberikan keuntungan berlipat ganda bagi kesuksesan dan kemakmuran hidup diri anda sendiri. Tentunya semua kita ingin sukses dan hidup makmur, siapa yang mau hidup susah dan pas-pasan. Pernahkan anda membaca buku sejarah, kenapa Angkatan laut Jepang pada waktu Perang Dunia ke-2 berhasil menyerang pangkalan Angkatan laut Amerika Serikat di Pearl Harbour-Hawaii ? Jawabnya karena tentara Jepang disiplin, yaitu tidak mau menggunakan peralatan radio komunikasi. Sebab jika menggunakan alat tsb, maka akan dengan mudah disadap dan diketahui tentara Amerika. Sekedar tahu, jarak Tokyo ke Hawaii adalah 3000 mil. Selama berlayar 3000 mil tidak diketahui oleh tentara Amerika, dan hasilnya 3000 tentara Amerika kehilangan nyawa serta rusaknya ratusan kapal perang dan pesawat terbang. Tidak yakin, silahkan anda menonton Film Tora-Tora-Tora atau Pearl Harbour.
4. Tidak banyak alasan. Kebanyakan alasan adalah salah satu penyebab kegagalan seseorang mencapai keberhasilan. Mulai saat ini, datanglah ke sekolah tepat waktu atau sebelum bel masuk berbunyi.
5. Membaca buku orang sukses.
6. Menularkan hidup disiplin kepada orang lain, tentunya anda harus menjadi contoh yang baik dulu, sebelum mengajak orang lain.
7. …………………………. ( tambah sendiri yach )

Ada istilah “nasib orang siapa tahu”, penulis berkeyakinan mudah-mudahan diantara anda ada yang menjadi orang besar di negeri ( pejabat sipil / militer, pengusaha sukses, petani agrobisnis yang sukses, artis / seniman besar dll ). Siapa sangka seorang Tukul Arwana bisa tenar dan kaya seperti sekarang ini ? Padahal kita tahu, waktu sekolah, kehidupan Tukul morat-marit dan pas-pasan. Tapi karena memang mau berusaha, pantang menyerah, disiplin dan banyak berdoa; akhirnya sukses juga menjadi host acara Empat Mata TV Trans 7. Mudah-mudahan tulisan ini dapat mengingatkan, kelak ketika anda sukses dengan karir yang anda impikan. By the way, sudah punya mimpi belum ?
……… Nyok kita hidup disiplin.

(created by Iman Sriyono-Cover Boy Majalah Bobo era 80 puluhan)

Tidak ada komentar: